Jumat, 18 Oktober 2013

Indahnya Mengenal Batuatas

INDAHNYA MENGENAL BATUATAS
Batuatas merupakan salah satu pulau yang termasuk pulau buton. Batuatas ini dulu masih kecamatan sampolawa. Tapi sekarang batuatas sudah membentuk kecamatan sendiri yaitu kecamatan Batuatas. Ini semua karena sudah banyak generasi-generasi muda batuatas yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi sehingga dengan  ilmu yang mereka dapat itulah sehingga putra-putri batuatas berinisiatif untuk mentanerkan batuatas dengan membentuk kecamatan tersendiri untuk dikenal di seluruh penjuru dunia. Kecamatan Batuatas terbentuk belum cukup terlalu lama. Namun tak urung cepat menjadi bahan perbincangan orang bahwa batuatas memiliki keindahan alam. Dan juga batuatas sebagai pusat terumbu karang dunia, serta memiliki bermacam-macam jenis ikan. Tapi ini semua belum di tahu oleh masyarakat luar Batuatas. Seandainya saja ini sudah di tahu oleh masyarakat luar tentunya mereka akan memusatkan penelitian khususnya mengenai kelautan dan umumnya akan menjadi penelitian dan kunjungan banyak orang di batuatas.
Ada hal lain yang yang menarik untuk dikenang yaitu kepribadian masyarakat batuatas sehingga kotemporer ini masyarakat batuatas selalu merayakan cultural itu. Seperti Baruga Liwu Dan Baruga Buki. Adapun budaya ini masing – masing dirayakan sekali setahun.
*      Baruga Buki
Baruga Buki merupakan salah satu adat kebiasaan masyarakat Taduasa, Wacuala, Wambongi, dan Babala yang diadakan sekali setahun. Biasanya baruga ini diadakan di bulan februari. Dan kegiatan ini sebelum diadakan masyarakat Taduasa, Wacuala, Wambongi, dan Babala memusyawarahkan di lokasi baruga buki. Dimana lokasi baruga buki ini terletak di tengah gunung Batuatas. Setelah mereka mendapatkan titik sepakat dan  mufakat untuk  akan diadakannya acara baruga buki ini. Mereka membersihkan halaman baruga untuk kelancaran dan kenyamanan seluruh masyarakat batuatas yang hadir di acara tersebut. Bagi beberapa individu bagian daripada masyarakat yang akan mengadakan kegiatan baruga. Dan mempunyai modal untuk membeli bahan-bahan konsumsi untuk keperluan masyarakat yang akan hadir pada acara ini. Mereka mencari lokasi untuk membuat warung dengan harapan  moment inilah sehingga mereka bisa menjual makanan, minuman dan lain sebagainya yang menjadi kebutuhan masyarakat yang ikut merayakan kegiatan ini. Baruga buki diadakan selama durasi waktu satu minggu.
 Adapun prosesi kegiatannya seperti berikut:
1.      Pitakaano honicu
Pitakano hunicu ini merupakan salah acara rangkaian awal sebelum orang mendatangi atu meramaikan acara baruga. Maka diadakanlah pitakaano honicu ini.
2.      Pitakaano Mancuana
Ini diadakan pada hari pertama acara baruga akan dilaksanakan. Dan biasanya pada pitakano mancuana ini banyak masyarakat yang datang dari anak kecil, remaja, pemuda-pemudi, orang tua, kakek-kakek dan nenek-nenek.  Masyarakat yang tercatat namanya dalam kegiatan  ini biasanya pemuda-pemudi, dan orang tua. Dan bagi yang tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini maka dikena denda. Dan besoknya kakak-kakak baruga yang sudah dipercaya untuk menagih dengan memukul gendang kecil mengambil uang adapun besar uang yang ditagih sesuai hasil kesepakatan tokoh-tokoh masyarakat atau panitia baruga buki.
3.      Pitakaano anamohane
Pitakaano anamohane ini kadang hanya dihadiri anamohane (laki-laki remaja) dan mouse (perempuan). Biasanya pitakaano anamohane ini merupakan acara joget dimana joget ini, satu malam suntuh.
4.      Pangibi
Pangibi ini biasanya di pertunjukan pitakaano mancuana. Bagi yang  pintar pangibi(perempuan) mereka dengan pedenya tampil di depan dengan memakai kostum adat buton (tarian) datanglah laki-laki sebagai pasangannya untuk menghibur orang banyak di lokasi baruga itu. Setelah selesai mereka  pangibi laki-laki memberikan uang kepada perempuan selaku pasangan pangibinya. Dan besar uangnya tergantung laki-laki.
5.      Angkona
Angkona merupakan salah satu permainan dadu yang sering diadakan ketika kegiata baruga.
6.      Potaro’a
Potaro’a ini merupakan salah satu permainan domino .
7.      Boke’a
Boke’a merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dengan baruga yakni penyabukan ayam dengan dipasangkan ataun diikatkan pisau kecil pada salah satu kaki ayam.
8.      Pitaka’a
Pitaka’a merupakan salah satu hal kursial yang diadakan di dalam kegiatan prosesi baruga, dimana pitaka’a ini di hadiri oleh semua masyarakat yang terlibat ataupun yang tidak terlibat.
9.      Picunbela’ano Pocuno Manu
Kegiatan ini dilaksanakan ketika malam ramah tamah acara prosesi baruga sudah berakhir.
10.  Manca’a
Ini dilaksanakan  pagi-pagi sebelum prosesi kegiatan  Picunbela’ano Pocuno Manu.
11.  Pohendeano ganda’a
kegiatan ini merupakan selesainya kegiatan dan biasanya Pohendeano ganda’a ini tidak dihadiri seluruh masyarakat tapi dihadiri hanya mancuana kampo.
12.  Pokondosa’a
Kegiatan ini diperuntukan hanya untuk orang-orang yang sudah wajib hadir dalam baruga buki. Dan ketika tidak datang maka dikena denda.

0 komentar:

Posting Komentar